SILABUS DAN RPP BAHASA INDONESIA Kls. XII_ SMA

Bagi saudara-saudariku yang meng-sms saya tentang RPP bahasa Indonesia SMA, berikut ini contoh RPP SMA kiranya menjadi rujukan saja, marilah terus belajar untuk lebih baik dari hari ini——-
SILABUS DAN RPP BAHASA INDONESIA Kls. XII SMA
I. SILABUS B. INDONESIA SEMESTER 1
Nama Sekolah : SMA …
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1

  1. Standar Kompetensi
    Mendengarkan
    Memahami informasi dari berbagai laporan
  2. Kompetensi Dasar
    1.1 Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan
    1.2 Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

    Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas / Semester : XII (dua belas) / 1 (satu)

  1. Aspek Pembelajaran
    Membaca
  2. Standar Kompetensi
    Memahami artikel dan teks pidato
  3. Kompetensi Dasar
    Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif
  4. Indikator
    Menemukan ide pokok tiap paragraf
    Menemukan kalimat pendukung ide pokok
    Menemukan masalah dalam artikel
    Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat
    Selengkapnya Silahkan AMBIL DISINI
  5. Tujuan
    Siswa mampu menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif
  6. Materi Pokok Pembelajaran
    Artikel ilmiah dalam media cetak atau elektronik (internet)
    Ide pokok
    Masalah dalam artikel
    Rangkuman artikel
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF


Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 1 (satu)

  1. Aspek Pembelajaran
    Mendengarkan
  2. Standar Kompetensi
    Memahami informasi dari berbagai laporan
  3. Kompetensi Dasar
    Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan
  4. Indikator
    Mencatat pokok-pokok isi laporan
    Membedakan kalimat yang berupa fakta dan yang berupa opini (pendapat)
    Menentukan kalimat yang berupa fakta
    Menentukan kalimat yang berupa opini
  5. Tujuan
    Siswa mampu membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan
  6. Materi Pokok Pembelajaran
    Laporan laporan kegiatan OSIS / laporan kegiatan ekstrakurikuler / laporan perjalanan
    Ciri-ciri kalimat fakta
    Ciri-ciri kalimat pendapat
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF

Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 1 (satu)

  1. Aspek Pembelajaran
    Mendengarkan
  2. Standar Kompetensi
    Memahami informasi dari berbagai laporan
  3. Kompetensi Dasar
    Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran
  4. Indikator
    Mengemukakan kritik isi laporan
    Memberikan saran untuk perbaikan laporan
  5. Tujuan
    Siswa mampu mendengarkan laporan dan mampu memberikan kritik serta saran
  6. Materi Pokok Pembelajaran
    Laporan
    Laporan kegiatan OSIS
    Laporan kegiatan ekstrakurikuler
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF

Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas / Semester : XI (sebelas) / 1 (satu)

  1. Aspek Pembelajaran
    Berbicara
  2. Standar Kompetensi
    Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi
  3. Kompetensi Dasar
    Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi
  4. Indikator
    Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis.
    Mengemukakan persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis
    Mengajukan pertanyaan dan atau persetujuan dengan menggunakan kata sambung dalam kalimat
    Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara
  5. Tujuan
    Siswa mampu menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi
  6. Materi Pokok Pembelajaran
    Buku nonfiksi
    intisari buku
    penggunaan kalimat yang efektif dalam diskusi
    hal-hal yang menarik dalam buku
    memberikan komentar
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF

Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 1 (satu)

  1. Aspek Pembelajaran
    Membaca
  2. Standar Kompetensi
    Memahami artikel dan teks pidato
  3. Kompetensi Dasar
    Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat
  4. Indikator
    Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi penting
    Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung
    Membacakan teks pidato dengan intonasi dan ekspresi yang tepat
    Menanggapi pembacaan teks pidato
  5. Tujuan
    Siswa mampu membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat
  6. Materi Pokok Pembelajaran
    Naskah pidato
    Macam-macam metode berpidato
    Cara membacakan naskah pidato
    Cara menanggapi pembacaan teks pidato
  7. Tujuan
    Siswa mampu menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen
  8. Materi Pokok Pembelajaran
    Cerpen
    Unsur-unsur intrinsik cerpen : tema, latar, alur, penokohan/pesan
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF

Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 1 (satu)

  1. Aspek Pembelajaran
    Membaca
  2. Standar Kompetensi
    Memahami wacana sastra puisi dan cerpen
  3. Kompetensi Dasar
    Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen
  4. Indikator
    Menceritakan kembali isi cerpen
    Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF

Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 1 (satu)

  1. Aspek Pembelajaran
    Membaca
  2. Standar Kompetensi
    Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca cepat dan membaca intensif
  3. Kompetensi Dasar
    Menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit
  4. Indikator
    Menemukan ide pokok
    Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
  5. Tujuan
    Siswa mampu menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit
  6. Materi Pokok Pembelajaran
    Teks 900 – 1050 kata
    Teknik membaca cepat
    Kebiasaan-kebiasaan yang menghambat membaca cepat
    Rumus menghitung kemampuan membaca cepat
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF

III.SILABUS B. INDONESIA SEMESTER II
Nama Sekolah : SMA …
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2

  1. Standar Kompetensi
    Mendengarkan
  2. Kompetensi Dasar
    9. Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan
    9.1 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yg disampaikan secara langsung
    9.2 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yg disampaikan mll radio/televisi
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF

II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

    Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas / Semester : XII (dua belas) / 2 (dua)

  1. Standar Kompetensi
    Memahami pembacaan teks drama
  2. Kompetensi Dasar
    Menyimpulkan isi drama melalui pembacaan teks drama
  3. Aspek Pembelajaran
    Mendengarkan
  4. Indikator
    Mampu menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
    Mampu menyampaikan simpulan isi teks drama
    Mampu membahas simpulan isi teks drama yang telah disampaikan
  5. Materi Pokok Pembelajaran
    Teks drama
    Simpulan isi drama
  6. Standar Kompetensi
    Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola
  7. Kompetensi Dasar
    Menulis esai berdasarkan topik tertentu dgn pola pengembangan,isi,dan penutup
  8. Aspek Pembelajaran
    Menulis
  9. Indikator
    Mampu menentukan topik untuk menulis esai
    Mampu menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
    Mampu menyusun paragraf pembukaan
    Mampu menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf
    Mampu menyusun paragraf penutup
    Mampu memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca)
  10. Materi Pokok Pembelajaran
    Esai
    Teknik menyusun kerangka karangan
    Teknik membuat bagian pembuka/paragraf pembuka karangan
    Teknik membuat bagian pembuka/paragraf isi karangan
    Teknik membuat bagian pembuka/paragraf penutup karangan
    Contoh-contoh paragraf pembuka, isi, penutup
    Teknik menyunting/memperbaiki karangan
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF

Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 2 (dua)

  1. Standar Kompetensi
    Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama
  2. Kompetensi Dasar
    Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari
  3. Aspek Pembelajaran
    Berbicara
  4. Indikator
    Mampu menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
    Mampu menjelaskan keterkaitan isi gurindam dengan realitas kehidupan masa kini
  5. Materi Pokok Pembelajaran
    Teks gurindam
    Kesimpulan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
    Keterkaitan isi gurindam dengan realitas kehidupan masa kini
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF

Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 2 (dua)

  1. Standar Kompetensi
    Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode
  2. Kompetensi Dasar
    Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer
  3. Aspek Pembelajaran
    Membaca
  4. Indikator
    Mampu mengidentifikasi tema puisi kontemporer melalui kegiatan membaca
    Mampu mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca
    Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer
  5. Materi Pokok Pembelajaran
    Kumpulan puisi kontemporer
    Ciri-ciri puisi kontemporer
    Tema dan maksud puisi kontemporer
    Bentuk puisi kontemporer
    Diksi pada puisi kontemporer
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF

Posted on Maret 11, 2012, in Tak Berkategori. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: